Kopi Decaf, Kopi tidak Berkafein

Kafein, yang ditemukan pada kopi dan makanan lain (cokelat,teh,dll) adalah substansi yang dapat membuat kita tetap terjaga, baik ketika kita membutuhkan atau tidak. Sayangnya untuk beberapa orang, efek ini dan efek lainnya dari kafein tidak diinginkan. Decaffeinated kopi atau ‘dekaf’ adalah kopi yang sebagian besar kafeinnya telah dibuang. Berdasarkan beratnya, jumlah kafein yang ditemukan secara alamiah dalam kopi adalah sekitar 1% untuk arabika dan 2% untuk biji kopi robusta. Sedangkan bila ada keterangan ‘97% caffein free’ pada kopi, itu artinya 97% dari 1% atau 2% kafein dalam kopi telah dibuang.

Ada dua metode yang dipakai secara komersil untuk membuang kafein kopi, yaitu metode Europe Processing dan Swiss Water Process.

Eropa Processing

Sebagian besar dari kopi dekaf yang dibuat melalui proses kimia pertama kali dipakai di Eropa. Proses ini melibatkan perendaman biji dalam air dan kemudian ‘mencuci’ biji tersebut dalam Methylene Chloride untuk menyerap kafein dari biji. Setelah ini, biji dibersihkan dari cairan kimia tersebut, dikeringkan dan dilanjutkan ke proses coffee roasting (penyangraian/pemanggangan).
Keuntungan dari metode ini adalah hasilnya berupa kopi decaf dengan rasa lebih terjaga daripada Swiss Water Processing. Meskipun pada dasarnya tidak ada bahan kimia tertinggal, banyak orang merasa tidak nyaman ketika mengetahui kopi yang diminumnya adalah hasil proses kimia.

Swiss Water Process

Metode kedua dikenal sebagai Swiss Water Processing. Proses ini tidak menggunakan bahan kimia, tetapi lebih pada penggunaan air panas dan uap untuk membuang kafein dari kopi. Biji kopi dicelupkan ke dalam air yang kemudian dilewatkan pada saringan arang aktif untuk membuang kafein. Sesudah kafein dibuang, biji yang sama kemudian diletakkan kembali pada cairan yang sudah dibuang kafeinnya untuk menyerap kembali unsur-unsur tertinggal kecuali kafein. Biji dikeringkan dan dibawa ke tempat roasting. Kekurangan dari Swiss Water Processing adalah proses ini tidak hanya membuang kafein. Beberapa unsur minyak dari kopi dibuang juga, membuatnya sedikit kehilangan rasa.

Baca Juga  Metode dan Alat Membuat Kopi

Jalan terbaik untuk dilakukan bagi orang yang sangat menginginkan kopi dekaf adalah dengan menggunakan kualitas terbaik biji arabika. Meskipun beberapa bagian rasa hilang, masih banyak kenikmatan akan tertinggal.